BUMN Ini Ikut Pasok Komponen Hidung Airbus A380

Toulouse -Aneka ragam komponen pesawat yang diproduksi oleh pabrikan Airbus didatangkan dari berbagai negara. PT Dirgantara Indonesia (PTDI) menjadi salah satu pemasok komponen untuk pembuatan pesawat-pesawat Airbus.

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menjadi pemasok tak langsung pembuatan bagian hidung pesawat dan tonggal mesin untuk pesawat Airbus jenis A320. Juga, untuk pembuatan bagian hidung dan bagian samping sayap pesawat super jumbo Airbus A380.


Perusahaan pelat merah ini juga dikontrak untuk membuat bagian samping untuk sayap pesawat A350 XWB. PTDI baru-baru ini juga dipilih untuk pengerjaan paket struktur metal kerangka hidung A350.


Terlibatnya PTDI sebagai pemasok komponen di Airbus ini bermula dari pembelian 234 pesawat keluarga A320 oleh maskapai penerbangan Lion Air tahun 2013 yang lalu.


"Kita harapkan mereka (Air Bus) bisa memberikan yang lebih dari itu," ujar CEO Lion Grup Rusdi Kirana di Toulouse, Rabu (12/11/2014).


Dalam kaitan dengan Indonesia, Airbus juga membantu perhubungan Indonesia agar pesawat-pesawat Indonesia dapat terbang ke Amerika Serikat (AS). Selama ini, pesawat Indonesia tak bisa masuk AS karena tidak lulus uji keselamatan oleh Federal Aviation Adminitration (FAA).


"Dari cat II menjadi cat I," kata Rusdi.Next


(irw/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!