Ini Pesan Pengusaha untuk Para Menteri Setelah Jokowi Sukses di APEC

Jakarta -Kepemimpinan Joko Widodo (Jokowi) ‎sebagai presiden mendapatkan apresiasi termasuk saat di KTT APEC, Beijing, Tiongkok karena simpel termasuk saat di depan para CEO APEC. Kalangan pengusaha berharap, gaya semacam itu juga diikuti oleh jajaran menteri di kabinet Jokowi.

Gaya Jokowi dinilai santai, sederhana, namun tegas. Selain itu, Jokowi juga dinilai pandai berdiplomasi dan berkomunikasi sehingga pesan yang disampaikannya jelas dan tanpa basa-basi. Kalangan pengusaha dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) melihat hal baru dari gaya kepemimpinan saat ini.


"Ini hal baru yang luar biasa. Pak Jokowi itu detail banget kalau bicara jelas. Tanpa basa-basi," kata Wakil Ketua Umum Kadin bidang Pengolahan Makanan, Tembakau dan Kretek Juan Permata Adoe di Menara Kadin, Jakarta, Rabu (12/11/2014).


Ia juga yakin, dengan gaya Jokowi seperti itu, ekonomi, industri dan investasi di Indonesia akan cepat tumbuh. ‎Terlebih saat dirinya menyaksikan langsung presentasi Jokowi dalam KTT APEC di Beijing, Tiongkok 'berjualan' investasi pada ratusan CEO se-Asia Pasifik.


Juan mengatakan, hal tersebut harus diikuti oleh jajaran kabinet di bawahnya. "Mau nggak mau harus ikut‎. Karena Pak Jokowi itu bertanya langsung kepada poinnya," tutur Juan.


Hal senada diutarakan Wakil Ketua Kadin bidang ICT Didi Suwondo. Menurutnya, tak hanya jajaran kabinet yang menjadikan Jokowi sebagai panutan, tapi juga kalangan pengusaha.


"Kami berharap Pak Jokowi itu menjadi panutan. Rendah hati sederhana, pragmatis. Komandannya seperti itu, di bawahnya ikut. Pengusahanya juga harus ikut," tutupnya.


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!