Latar Belakang Investor PLTU 'Raksasa' di Cilacap Masih Misterius

Jakarta -Hingga kini latar belakang investor Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 'raksasa' Cilacap, Jawa Tengah kapasitas 5 x 1.000 Mega Watt (MW) yaitu PT Jawa Energi masih misterius. Padahal investasi pembangunan PLTU terbesar di dunia tersebut diperkirakan mencapai Rp 100 triliun lebih.

"Kami juga masih cari tahu siapa PT Jawa Energi ini, karena kapasitas pembangkit yang dibangun sangat besar sekali, biaya investasi yang dibutuhkan juga tidak kecil bisa Rp 100 triliun lebih," ujar Manajer Senior Komunikasi Korporat PT PLN (Persero) Bambang Dwiyanto kepada detikFinance ditemui di Kantor Diklat PLN, Ragunan, Jakarta Selatan, Minggu (9/11/2014).


Bambang menambahkan yang ia tahu ada nama perusahaan listrik yakni PT Jawa Power. Namun informasi soal PT Jawa Energi, Bambang belum tahu latar belakang perusahaan tersebut.


"Kami tahunya Jawa Power yang mengelola PLTU Paiton, apalagi katanya Jawa Energi mempunyai proyek pembangkit listrik di Buleleng, Bali dan Kalimantan Utara, nanti kami cari informasinya lagi," ujar Bambang.


Bahkan Menteri ESDM Sudirman Said mengakui belum kenal siapa PT Jawa Energi yang akan membangun proyek di atas tanah milik TNI AD dan Polisi tersebut.


"Perusahaannya saya juga belum kenal dengan mereka, tapi saya dikenalkan oleh Bupati Cilacap," ucapnya.


Sudirman mengungkapkan, informasi yang diberikan Bupati Cilacap kepada dirinya, Jawa Energi merupakan perusahaan yang sudah teruji. Perusahaan ini mengoperasikan PLTU di Buleleng, Bali dan Kalimantan Utara.Next


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!