PLN: Krisis Listrik di Sumatera Utara Sudah Berakhir

Jakarta -PT PLN (Persero) memastikan defisit pasokan listrik di Sumatera bagian Utara bisa ditanggulangi, sehingga pemadaman listrik bergilir di daerah tersebut sudah hampir tidak ada.

"Di Sumut (Sumatera Utara) sudah aman, bahkan dalam dua minggu terakhir pasokan listriknya surplus hingga 50 megawatt (MW)," kata Manajer Senior Komunikasi PT PLN Bambang Dwiyanto kepada detikFinance di Kantor Diklat PLN, Ragunan, Jakarta Selatan, Minggu (9/11/2014).


Bambang mengatakan surplusnya pasokanan listrik dalam 2 minggu terakhir, maka kondisi pemadaman listrik bergilir sudah hampir tidak ada lagi.


"Jika konsumsi listrik meningkat khususnya mulai pukul 18.00-22.00 dan pasokan berkurang, PLN sudah ada kerjasama dengan hotel, mal, dan industri di Sumut untuk mengurangi pemakaian listriknya dan meminta mengalihkan sedikit konsumsi listriknya menggunakan genset sendiri, sehingga masyarakat tidak mengalami mati lampu di rumahnya," ungkap Bambang.


Semakin baiknya kondisi kelistrikan di Sumut saat ini kata Bambang karena, PLTU Pangkalan Susu 2x100 MW sudah bisa memasok listrik.


"Pangkalan Susu sudah uji coba sudah memasok listrik, sehingga pasokan listrinya bisa surplus, tapikan masih uji coba kalau ada yang kurang pembangkitnya dimatikan, benar-benar beroperasi penuh awal tahun 2015," tutupnya.


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!