3 Tanggapan SBY Soal Proyek Tol Atas Laut di Bali

Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada Senin lalu mengunjungi proyek jalan tol atas laut di Bali. Dalam kunjungannya, SBY mengungkapkan 3 kesan dan pesan mengenai proyek tersebut.

Menurut Public Relation Officer PT Bali Toll Road Drajad Suseno selaku operator atas tol ini, Presiden SBY datang sekitar pukul 18.20 WTA Senin lalu. SBY mengaku ini adalah jalan tol yang sangat indah.


"Beliau (SBY) menyatakan bangga, dengan karya anak bangsa ini dengan memberikan beberapa penekanan bahwa ada 3 hal yang harus diperhatikan," kata Drajad kepada detikFinance, Kamis (28/3/2013).


Hal pertama menurut Drajad ialah, SBY menekankan agar infrastruktur yang dibangun ini kuat. Jalan tol yang membentang dari Nusa Dua-Ngurah Rai-Tanjung Benoa ini dapat berdiri tegak di atas laut Bali yang indah.


"Yang pertama dia tekankan itu adalah strong, jalan tol itu harus kuat, infrastruktur ini harus dibangun dengan kuat, dengan konstruksi yang baik dan kuat," kata Drajad.


Dikatakan Drajad, SBY juga menekankan agar proyek infrastruktur ini juga mengedepankan sisi lingkungan. "Yang kedua itu green (hijau). Jadi harus memperhatikan lingkungan, green. Artinya memelihara lingkungan, beliau menyampaikan agar infrastruktur ini bersinergi dengan lingkungan," tambah Drajad.


Hal terakhir, menurut Drajad, SBY takjub dan bangga dengan proyek tol di Bali ini. SBY berpendapat tol ini merupakan tol yang sangat indah membentang di atas laut Bali. "Yang ketiga adalah beautiful, Jadi setelah beliau melihat tayangan video kami. Beliau menyatakan ini memang akan menjadi jalan tol yang indah," katanya.


"Itu yang akan dijadikan standar untuk proyek infrastruktur lain di seluruh Indonesia menurut beliau," lanjut Drajad


Dikatakan Drajad, SBY kembali akan datang ke Bali untuk melihat proyek ini pada Juli mendatang. Pada bulan yang sama juga, tol sepanjang 11,4 km ini akan mulai beroperasi.


"Katanya beliau mau datang lagi bulan Juli, harapan kami, beliau yang meresmikan," tutup Drajad.


(zul/dnl)