Ahok: Akhirnya JIExpo Bagi Keuntungan ke Pemprov DKI

Jakarta - Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Jakarta International EXPO hari ini digelar setelah lima tahun absen. Dalam rapat yang dihadiri oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ini, JIExpo membagikan dividen (bagian dari keuntungan) Rp 1,7 miliar kepada Pemprov DKI Jakarta.

"Dividen sudah ada. Kita akan dibagi. Jadi setelah selama bertahun-tahun tidak ada, akhirnya dibagi juga dividennya. Dari (keuntungan) Rp 10 miliar, DKI hanya kebagian Rp 1,7 miliar," ujar Ahok usai RUPS JIExpo di Kemayoran, Jakarta, Kamis (28/3).


Selain dividen, lanjut Ahok, JIExpo juga memberikan compliment kepada Pemprov DKI dalam pelaksanaan Jakarta Fair 2013. Ahok pun berharap, dalam satu bulan ini dana tersebut bisa langsung cair.


"Diharapkan satu bulan ini langsung cair dan dimasukkan ke kas daerah," kata Ahok.


Ahok mengatakan, Pemprov DKI saat ini belum berencana menambah saham di perusahaan milik Murdaya Poo ini. Dia pun berharap agar di tahun berikutnya JIExpo terus membagikan dividennya ke pemprov DKI.


"Sahamnya tetap sama. Berapapun penambahan modalnya, saham punya DKI tidak akan diusik. Tapi saya tidak tahu apakah dividen ini akan dibayarkan juga pada tahun-tahun mendatang," kata Ahok.


Vice Presiden Marketing JIExpo Ralph Scheuneman mengatakan, pembagian dividen memang diusulkan untuk dibagikan tahun ini kepada pemegang saham. Dalam rapat tersebut juga diusulkan agar sebagian keuntungan bisnis tidak dibagikan dalam bentuk dividen, melainkan direinvestasikan kembali.


"Karena perusahaan masih membutuhkan dana besar untuk pengembangan bisnisnya," katanya.


Rapat ini tadi dipimpin oleh Komisaris Utama JIExpo Murdaya W. Poo. Ahok sebagai perwakilan pemegang saham dari Pemprov DKI juga didampingi oleh Asisten Sekretaris Daerah DKI bidang Perekonomian dan Administrasi Hasan Basri Saleh, Kepala Biro Perekonomian Adi Ariantara, serta Kepala Badan Penanaman Modal dan Promosi (BPMP) Catur Laswanto.


(jor/dnl)