Gabungkan Rute Monorel Jabodetabek, ADHI Gandeng Ortus Grup

Jakarta - Konsorsium Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pengusul monorel Jabodetabek yang diketuai PT Adhi Karya Tbk (ADHI) akan bersinergi dengan perusahaan swasta Ortus Holdings Ltd, milik Edward Soeryadjaya yang juga menggarap monorel untuk rute dalam kota atau DKI Jakarta.

Rute monorel ADHI, nantinya akan terkoneksi dengan jalur monorel green line dan blue lini milik Ortus yang dikembangkan oleh PT Jakarta Monorail. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Utama ADHI Kiswodarmawan kepada detikFinance, Sabtu (30/3/2013).


"Ortus kita sudah panggil kemaren, kalau bicara monorail kan bicara jaringan sukur bisa kerjasama. Intinya mereka seneng bisa kerjasama dengan kita," tutur Kiswo.


Mengenai teknis kerjasama, koneksi antar rute monorel, yang dikembangkan ADHI dan Ortus, masih masih tahap mematangkan rencana dan skema kerjasama. Kerjasama ini, menurutnya penting dilakukan karena mega proyek moda transportasi masa depan ini, bernilai puluhan triliun.

"Di sisi mana, masih dikaji," tambahnya.


Seperti diketahui, ADHI bersama konsorsium BUMN, mengusulkan akan menggarap rute monorel Jabodetabek. Tahap I, ADHI Cs akan menggarap monorel Jabodetabek rute Cibubur-Cawang, Bekasi Timur-Cawang dan Cawang-Kuningan sepanjang 39,036 km


Sementara, Ortus Grup melalui Jakarta Monorail, akan menggarap monorel rute green line dan blue line. Tahap awal, Jakarta Monorail akan mengerjakan monorel rute green line yakni dari Kuningan-Kuningan Sentral-Gatot Subroto-Senayan-Asia Afrika-Pejompongan-Karet-Dukuh Atas-kembali ke Kuningan sepanjang 14,5 Km.


Nantinya, monorel ADHI dan Jakarta Monorail akan terkoneksi di Kuningan Jakarta Selatan.


(feb/ang)