CIMB Niaga Bidik 500 Nasabah Baru Lewat Rekening Ponsel

Jakarta - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CMBA) membidik 500 ribu nasabah baru melalui Rekening Ponsel hingga akhir tahun 2013. Saat ini, pengguna go mobile CIMB Niaga sudah mencapai 300 ribu dan 700 ribu pengguna internet banking.

Rekening Ponsel merupakan layanan terbaru yang memudahkan nasabah melakukan transaksi perbankan hanya dengan menggunakan nomor ponsel. CIMB Niaga merupakan yang pertama meluncurkan produk mobile wallet ini di Indonesia.


Dengan Rekening Ponsel ini, pihaknya menargetkan bisa meraup perolehan dana sebesar Rp 9 triliun per bulan.


"BI sudah tetapkan batas maksimum transfer Rp 1 juta untuk non nasabah dan Rp 5 juta untuk nasabah CIMB Niaga. Dari transaksi itu kita targetkan bisa dapat Rp 9 triliun per bulan," kata Direktur Utama CIMB Niaga Arwin Rasyid saat acara Peluncuran Rekening Ponsel, di Ritz Carlton Pasific Place, Jakarta, Rabu (27/3/13).


"Yang punya rekening hanya 60 juta dan ada 120 juta yang layak punya rekening tapi tidak punya rekening. Muidah-mudahan rekening ponsel bisa jadi alternatif. Kita sudah 3,3 juta nasabah, tidak terlalu besar," tambahnya.


Dia mengungkapkan, hadirnya Rekening Ponsel ini diharapkan mampu memudahkan seluruh lapisan masyarakat melakukan transaski perbankan tanpa batas. Produk ini sekaligus merupakan wujud dari financial inclusion yang sedang dicanangkan Bank Indonesia.


"Melalui Rekening Ponsel nasabah bisa melakukan transfer dana gratis ke seluruh nomor ponsel di Indonesia, membeli pulsa ponsel prabayar, pembayaran tagihan, bahkan menarik tunai tanpa menggunakan kartu ATM," kata Arwin.


Dia menjelaskan, untuk bisa mendaftar Rekening Ponsel ini, nasabah harus mendaftarkan nomor ponsel terlebih dahulu kemudian mengisi data diri yang nantinya akan mendapatkan mBanking code (sejenis nomor PIN) untuk bisa melakukan transaksi.


Sehingga, penerima dana dapat langsung mengambil dananya melalui ATM CIMB Niaga terdekat, tanpa perlu menggunakan kartu ATM.


"Pendaftaran cukup dengan menggunakan ponsel saja. Mau ambil kiriman transfer silakan tarik di ATM. Tidak perlu pakai kartu, ATM CIMB Niaga sudah di-setting boleh tarik tanpa kartu. Tinggal datang ada di layar penarikan tanpa kartu, pencet saja, silakan masukin nomor HP-nya, masukin password, tarik tunai, atau bayar tagihan," jelasnya.


Selain itu, keunggulan lain produk ini, penerima dana bisa langsung mengirim dana ke nomor ponsel dari jaringan operator apapun di Indonesia dan ke jenis ponsel apapun. Bahkan, proses pengiriman bisa terus dilakukan berulang-ulang ke orang lain sehingga dapat menimbulkan efek berantai.


(ang/ang)