Selain SBY, Boediono dan Hatta Berperan Tentukan Menteri Keuangan Baru

Jakarta - Posisi menteri keuangan bakal kosong setelah Agus Martowardojo resmi dipilih menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI) baru menggantikan Darmin Nasution yang masa jabatannya habis 22 Mei 2013 mendatang. Siapa penentu calon Menkeu baru?

Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi yaitu Firmanzah menyatakan, pada saatnya, Presiden SBY akan menyampaikan nama Menteri Keuangan baru. Agus Marto baru akan diresmikan oleh DPR sebagai Gubernur BI pada rapat Paripurna 2 April mendatang. Sampai dengan serah terima jabatan dan pelantikan Gubernur BI pada 22 Mei mendatang, Agus Marto masih menjabat Menkeu.


Dikatakan Firmanzah, orang yang bakal berperan dalam penunjukkan Menkeu baru selain Presiden SBY adalah Wakil Presiden Boediono dan Menko Perekonomian Hatta Rajasa.


"Memang Presiden selalu menerima masukan dan mengajak, karena terkait juga dengan tugas pekerjaan kabinet. Jadi menerima masukan dari Wapres dan Menko Perekonomian," ujar Firmanzah saat dihubungi, Rabu (29/3/2013).


Dikatakan Firmanzah, Presiden SBY akan mencari figur yang paling pas untuk melanjutkan pekerjaan Menteri Keuangan melanjutkan Agus Marto.


"Nanti pada saatnya akan disampaikan. Yang jelas tidak akan terjadi kekosongan jabatan," tegas Firmanzah.


(dnl/dru)