Lengser dari BI dan Dijagokan Jadi Menkeu, Ini Tanggapan Darmin

Jakarta - Agus Martowardojo tinggal menunggu sidang paripurna untuk disahkan menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI). Darmin Nasution kini disebut-sebut akan menggantikan Agus Martowardojo di Kementerian Keuangan selain nama Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dan calon lainnya. Apa tanggapan Darmin?

"Saya belum mau jawab (jadi calon Menkeu), yang tentukan kan Presiden. Jadi saya tidak usah jawab. Tidak tepat kalau saya ngomong itu," kata Darmin saat ditemui usai Diskusi Panel Model Pembiayaan Pertanian untuk Pemberdayaan Petani di Kantor BRI Jakarta, Rabu (27/3/2013).


Darmin pun enggan mengomentari terpilihnya Agus Martowardojo menjadi Gubernur BI yang menggantikan dirinya setelah masa habis jabatannya pada Mei 2013 ini. Ia juga tidak bersedia menjawab soal tantangan menjadi Gubernur BI setidaknya dalam lima tahun mendatang.


"Tidak usah khawatirlah soal itu. Saya akan ngomong sendiri ke pak Agus," singkat katanya.


Seperti diberitakan, Komisi XI DPR akhirnya menyepakati untuk memilih Agus Marto menjadi Gubernur BI melalui mekanisme voting semalam. Sebanyak 46 anggota DPR menyetujui, 7 anggota DPR tidak menyetujui dan 1 orang anggota DPR abstain.


Beberapa nama telah disebut-sebut cocok menggantikan Agus Marto. Diantaranya, Darmin Nasution sendiri yang saat ini menjabat sebagai Gubernur BI, kemudian Dirjen Pajak Fuad Rahmany, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Kepala BKPM Chatib Basri, Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana serta Staf Khusus Presiden SBY Firmanzah.


(wij/dru)