Jokowi: Poster APBD DKI Ditempel Agar Transparan dan Dilihat Masyarakat

Jakarta - Sudah 2 pekan ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menempelkan poster APBD DKI 2013 di berbagai tempat. Ini dilakukan untuk tujuan transparansi dan bisa diawasi oleh masyarakat.

Demikian disampaikan oleh Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) saat menyerahkan laporan keuangan Pemprov DKI 2012 di kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi di jalan MT Haryono, Jakarta, Kamis (28/3/2013).


"Sudah 2 minggu ini kami tempelkan poster APBD di kelurahan, kecamatan dan tempat lain yang nantinya bisa dibaca oleh masyarakat. Ini penting sekali untuk transparan. Biar betul-betul bisa dilihat oleh masyarakat. Kita harapkan nantinya semua kegiatan ada manajemen kontrol," tutur Jokowi.


Selain poster APBD, Jokowi juga mengatakan, Pemprov DKI telah menerapkan sistem pembayaran pajak secara online sejak Januari 2013. Ini untuk pelayanan pajak restoran, hotel, tempat hiburan, dan parkir.


Kemudian terkait aset-aset Pemprov DKI, Jokowi mengatakan, saat ini pihaknya tengah berkonsentrasi agar aset-aset Pemprov DKI produktif dengan cara disewakan atau dikerjasamakan. "Yang penting harus produktif dan punya kontribusi pendapatan. Kalau tidak akan dipakai untuk kepentingan pribadi," kata Jokowi.


(dnl/dru)