Pedagang Pasar: Harga Bawang Putih Rp 36 Ribu/Kg, Bawang Mewah Rp 50 Ribu/Kg

Jakarta - Harga bawang merah dan bawang putih berangsur menurun, namun belum di tingkat normal. Pedagang pasar masih mengeluhkan harga 2 komoditi ini yang masih tergolong mahal.

Penelusuran detikFinance di Pasar Mampang, Jakarta Selatan, beberapa pedagang masih berkeluh kesah soal harga bawang putih yang berkisar di harga Rp 36.000/kg sedangkan bawang merah Rp 50.000/kg yang telah dikupas.


"Harganya sudah turun. Tapi belum normal, harga bawang merah saja kemarin sebelum naik normalnya itu Rp 24.000/kg," ungkap pedagang di Pasar Mampang yang akrab disapa Bude kepada detikFinance, di Pasar Mampang, Jakarta Selatan, Kamis (28/3/2013).


Dia enggan berspekulasi mengenai penyebab melonjaknya harga beberapa waktu belakangan ini. Menurutnya, pasokan yang ia dapatkan dari Pasar Induk Kramat Jati terkadang mengalami kekurangan.


"Barangnya nggak ada kosong. Nggak ada yang masuk di induknya. Kecuali yang langganan. Saya beli paling 5 kg per hari. Kalau nggak abis ya nggak belanja," katanya.


Meski demikian dia mengaku, naiknya harga-harga komoditas tersebut tak menjadikan dagangannya sepi pembeli. Hanya saja, daya beli masyarakat agak sedikit menurun karena tak kuat dengan lonjakan harga yang begitu besar.


"Yang beli pada gerutu semua. Kok naik, ya memang barangnya dari sana nggak ada. Yang beli paling Rp 3.000, kita ya kasih saja. Yang namanya beli," katanya.


Dikatakan Bude, untuk harga sayuran lain seperti tomat, kentang, cabai, kol dan sayuran lain masih berada dalam kondisi normal dan terjangkau. Namun, kenaikkan harga juga dialami oleh cabai rawit merah. Pada harga normal, cabai rawit merah ia jual dengan harga Rp 22.000/kg, kini melonjak menjadi Rp 40.000/kg.


"Naiknya hampir berbarengan sama bawang merah dan bawang putih kemarin. Hampir setengah bulan yang lalu. Kalau cabe harganya nggak bisa diprediksi. Mungkin naik karena cuaca," katanya.


Dari hasil penelusuran di beberapa pedagang di Pasar Mampang, kondisi harga berkisar sama. Bawang merah dijual dengan harga Rp 50.000/kg, sedangkan bawang putih seharga Rp 36.000/kg


Bude mengharapkan kondisi harga seperti ini tak menerus terjadi. Dia ingin pemerintah memperhatikan kondisi harga ini tanpa merugikan siapapun. Ibu yang telah berdagang selama 30 tahun ini mengatakan, dengan murahnya harga, petani pun harus ikut diuntungkan.


"Mudah-mudahan yang murah saja, kan kalau murah kan enak. Duitnya sedikit bisa dapat semuanya. Harga stabill kan enak, bisa dapat barang lengkap. Walaupun kasihan juga petani kalau barangnya murah. Yang penting semuanya enak, harga normal," katanya.


Harapan yang sama pun diungkapkan oleh pedagang lain bernama Pak Man. Dengan gejolak harga yang terjadi, dirinya mengaku mendapatkan pendapatan yang tak menentu. Dia berharap, harga segera normal kembali.


"Kalau begini, pendapatan nggak stabil, harganya saja nggak stabil, semua pendapatannya sama. Angin-anginan," tutup Man.


(zul/dnl)