Bawang Putih dan Cabai Rawit Mulai Langka di Daerah

Jakarta - Indonesia masih dihadapkan pada langka dan melonjaknya harga pangan. Dari mulai bawang merah, bawang putih, cabai merah, hingga cabai rawit. Bahkan, beberapa bahan pangan saat ini langka di pasaran.

Sebagai contoh, saat ini di beberapa daerah, bawang putih dan cabai rawit tidak nongol alias langka.


Demikian diungkapkan Pengamat Pertanian Bustanul Arifin kepada detikFinance di Jakarta, Jumat (29/3/2013).


Di Jambi, kata dia, harga bawang merah mencapai Rp 50 ribu per kg, sedangkan cabai merah masih di harga Rp 13 ribu per kg. Sementara bawang putih dan cabai rawit tidak ditemukan di Jambi.


"Belum lama ini saya ke Jambi, bawang putih sudah enggak ada, kosong. Cabai rawit harganya Rp 30 ribu per kg sekarang di sana tapi barangnya juga enggak ada," kata Bustanul.


Menurut dia, langkanya bahan pangan di pasaran seperti ini akibat dari kurang adanya koordinasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah.


"Ini tidak ada koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah. Komunikasi harus diperbaiki. Setidaknya tahun depan hal seperti ini bisa dihindari, pemerintah harus kerja, kita tidak butuh data tapi fakta di lapangan," cetusnya.


Apalagi, lanjut Bustanul, perundangan soal pangan tidak terintegrasi dengan baik antara produksi dan distribusi. Hal ini turut menyebabkan kelangkaan bahan pangan di pasaran.


"Kalau terintegrasi tidak akan seperti ini. Harus saling menginformasikan satu sama lain, misalkan Kementan dan Kemendag soal bagaimana pasokan dan kebutuhan pangan di lapangan, ini penting. Intinya kurang koordinasi. Dari sisi petani juga, kalau dibandingkan dulu itu jauh, sekarang petani sudah jarang panen," tandasnya.


(dnl/dnl)