Tanggapan Agus Marto Soal Penggantinya Sebagai Bendahara Negara

Jakarta - Agus Martowardojo telah disetujui oleh Komisi XI DPR sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI). Banyak kalangan tak menduga posisinya sebagai Menteri Keuangan dipindahkan ke BI.

Agus Marto pun menghargai keputusan Presiden SBY selaku pimpinannya di Kabinet. Ia memberikan beberapa pesan kepada sang Menteri Keuangan baru nantinya.


"Saya tidak bisa menyampaikan calon pengganti karena yang akan menetapkan Presiden. Saya yakin dan percaya Presiden akan memilih calon Menkeu yang baik. Saya meyakini calon Menkeu akan ada seorang figur yang profesional yang juga bisa muncul dari teknokrat dan birokrasi maupun akademisi," terang Agus saat ditemui di Gedung Djuanda I Kemenkeu Jakarta, Rabu (27/3/2013).


Ia mengatakan, Menteri Keuangan sebagai bendahara negara tentunya wajib mengoptimalkan penerimaan negara. "Menkeu juga nantinya memperbaiki penyerapan dan kualitas daripada anggaran dan melanjutkan reformasi birokrasi yang menjadi prioritas utama Kemenkeu kedepan," tuturnya.


Beberapa nama telah disebut-sebut cocok menggantikan Agus Marto. Diantaranya, Darmin Nasution sendiri yang saat ini menjabat sebagai Gubernur BI, kemudian Dirjen Pajak Fuad Rahmany, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Kepala BKPM Chatib Basri, Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana serta Staf Khusus Presiden SBY Firmanzah.


(dru/dnl)