Jadi Gubernur BI, Agus Marto: Ini Sebuah Dinamika Tugas

Jakarta - Menteri Keuangan Agus Martowardojo terpilih menjadi Gubernur Bank Indonesia yang baru menggantikan Darmin Nasution yang akan habis masa jabatannya Mei 2013. Di sela-sela kata sambutannya dalam pelantikan pejabat eselon I Kementerian Keuangan, Agus mengatakan bahwa ini adalah dinamika tugas yang harus dijalankan.

"Saya sejak Mei 2010 memimpin Kemenkeu dan 2 bulan yang lalu saya mendapatkan tugas dari Presiden menjadi Gubernur BI yang jatuh di Mei 2013. Ini adalah dinamika dalam menjalankan tugas. Intinya kita harus siap untuk menjalankan dengan cara yang baik," pesan Agus di Gedung Djuanda I Kemenkeu Jakarta, Rabu (27/3/2013).


Ia sendiri saat ini sedang fokus mempersiapkan diri untuk segera bergabung ke Bank Indonesia. Namun sebelum ia resmi menjadi Gubernur BI ia berpesan kepada seluruh pegawai Kemenkeu untuk terus bekerja keras.


"Kami sedang mempersiapkan diri untuk bergabung ke BI. Kita terus akan tingkatkan kinerja kita. Kami sangat bangga bisa bekerja sama dengan kalian. Banyak yang kita bangun bersama. SDM adalah kunci agar visi pengelola kuangan dan kekayaan negara yang compatible," ucapnya.


Ia pun mencerita kronologis proses pemilihan Agus Marto menjadi Gubernur BI mulai dari fit proper test hingga penunjukan ia menjadi Gubernur BI.


"Kemarin ada fit dan proper test dan kami dinyatakan lulus. Hari Selasa akan ada sidang paripurna DPR dan di sanalah keputusan resmi penunjukan Gubernur BI. Kemudian jelas kami memperoleh arahan dari Presiden apakah saya meneruskan tugas sebagai Menkeu sampai pelantikan di bulan Mei 2013 atau Presiden ada arahan lain. Kesempatan yang baik jika masih dapat bekerja sama dengan saudara-saudara. Kita jangan ragu dan kita pegang teguh dan ingatkan anak buah yang tidak komit dan tidak sesuai arahan kita," tegasnya.


(wij/dru)