Lewat Sebuah Cokelat, Orang Ini Jadi Paling Kaya se-Italia

Jakarta - Siapa orang paling kaya di Italia? Jawabannya adalah Michele Ferrero. Ia adalah pewaris dinasti cokelat terkenal Ferrero Group.

Dia mewarisi perusahaan dari sang ayah yakni Pietro pada 1950-an dan mengubahnya menjadi salah satu pembuat permen terbesar di dunia. Merek yang telah mendunia dan masuk di negara-negara luar termasuk Indonesia adalah merek coklat Ferrero Rocher hazelnut, Nutella dan Tic Tac.


Dikutip dari Forbes, Rabu (27/3/2013), perusahaan Ferrero telah memiliki 70 perusahaan afiliasinya. Ferrero juga memiliki 15 pabrik produksi dan mempekerjakan hampir 22.000 orang di seluruh dunia.


Cokelat yang paling terkenal yakni Ferrero Rocher yang dikenalkan kepada dunia sejak tahun 1982. Kini sudah lebih dari 20 produk cokelat yang memang hampir seluruhnya telah mendunia diciptakan oleh Ferrero. Termasuk cokelat Kinder yang berbentuk telur yang berhadiah mainan.


Putera Michele Ferrero, yang dinamakan sama dengan sang ayah, Pietro meninggal pada tahun 2011. Dengan didorong oleh penjualan yang kuat di Rusia, AS, dan Brasil, pendapatan perusahaan naik 9,1% pada tahun 2011 menjadi U$ 9,6 miliar. Hal ini mendorong peningkatan pendapatan Ferrero Group. Kekayaan bersih Ferrero, sendiri mencapai US$ 20,4 miliar. Ia pun didaulat Forbes sebagai orang terkaya ke-23 di dunia.


(dru/ang)