Investor Qatar Beli Hotel Mewah di London Ini Rp 4 Triliun

London - InterContinental Hotels Group (IHG) selaku pemilik hotel London Park Lane menyatakan telah menjual hotelnya tersebut kepada investor asal Qatar seharga US$ 457,5 juta atau sekitar Rp 4,3 triliun.

Dikutip dari AFP, Jumat (29/3/2013), dalam pernyataannya, IHG menyatakan hotel dengan kamar sebanyak 447 tersebut telah dijual .


Disampaikan IHG, hotel mewah tersebut dijual kepada perusahaan bernama Constellation Hotel UK, yang merupakan perusahaan afiliasi dari Constellation Hotels Holding, sebuah perusahaan berbasis di Luxemburg dan berhubungan dengan Qatar.


Park lane merupakan sebuah jalan di London yang dihuni oleh hotel-hotel kelas atas, seperti Hyde Park.


Keberadaan investor Qatar di London telah terjadi sejak lama. Qatar juga telah memiliki 95% kepemilikan dari gedung pencakar langit tertinggi di Eropa Barat yaitu The Shard di London, kemudian juga department store mewah di London yaitu Harrods.


Meski menjual kepemilikan hotelnya, IHG tetap akan mengelola hotel tersebut hingga 30 tahun ke depan, dengan opsi perpanjangan kontrak hingga 10 tahun lagi.


London Park Lane dibuka sejak 1975 dan dimiliki penuh oleh OHG pada 1999. Di 2012, pendapatan hotel ini mencapai US$ 89 juta atau sekitar Rp 845 miliar.


Transaksi pembelian hotel ini akan diselesaikan pada kuartal II-2013. Sejak 2003, IHG telah menjual 191 hotel miliknya dengan nilai penjualan US$ 6,1 miliar.


(dnl/dnl)