Jelang Libur Panjang, Kantor Pajak Diserbu Warga Lapor SPT

Jakarta - Sekarang adalah hari terakhir penyerahan surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak lewat kantor pelayanan pajak (KPP). Karena sampai 31 Maret merupakan hari libur. Kantor pajak pun diserbu masyarakat wajib pajak.

Ini seperti terlihat di Kantor Pajak Pratama Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (28/3/2013).


Sejak dibuka pagi hari, ribuan orang menyerbu kantor pajak yang berlokasi di Jalan TB Simatupang ini untuk menyerahkan laporan SPT Wajib Pajak Orang Pribadi. Puluhan petugas pajak tampak sibuk melayani warga.


"Mulai buka pukul 8 pagi, orang-orang langsung memenuhi meja-meja petugas," kata petugas nomor antrean Akil kepada detikFinance di lokasi.


Akil mengatakan, untuk mengatur antrean petugas menggunakan sistem nomor urut berputar. "Nomor 1 sampai 300, terus diulang lagi ke awal. Sampai sore sudah puluhan putaran," jelas Akil.


Di kantor pajak ini, ruangan untuk mengurus SPT terletak di lantai 4. Ruangan dibagi menjadi dua bagian, satu untuk SPT pribadi dan satu lagi SPT kolektif.


Sebagian besar warga mengurus untuk keperluan pribadi dan juga perusahaan. Seperti yang dilakukan oleh Laras karyawan PT Abad Perdana.

"Mengurus untuk SPT Tahunan orang pribadi," katanya.


Lain halnya dengan Laras, Widiyanto datang untuk mengurus SPT karyawan perusahaan. Pria yang bekerja sebagai karyawan di daerah Fatmawati ini datang sejak pukul 14.00 WIB. "Masih antre nih, udah 2 jam lebih nunggu dari dari," ujarnya.


Bertepatan dengan libur panjang akhir pekan yang jatuh besok dan membludaknya pembayar pajak, maka kantor ini akan membuka layanan hingga pukul 20.00 WIB.


Para wajib pajak masih bisa mengirimkan SPT pada hari libur 29-31 Maret lewat pos atau online melalui situs Ditjen Pajak.


(slm/dnl)