Jasa Marga Sumringah Contra Flow Grogol-Slipi Berjalan Sukses

Jakarta - PT Jasa Marga Tbk (JSMR) sejak senin kemarin memberlakukan contra flow untuk ruas tol Grogol-Slipi. Tiga hari berjalan, Direktur Operasional PT Jasa Marga, Hasanudin, mengaku, pemberlakuan contra flow tersebut sangat efektif mengurangi kepadatan.

Hasanudin mengatakan, target awal dari Jasa Marga dalam pemberlakuan contra flow ini adalah sejak pukul 07.00 hingga 10.30 atau hingga arus kendaraan bergerak lancar. Namun, menurutnya, contra flow ruas Grogol Slipi tersebut bisa mengurangi kepadatan lebih baik dari target.


"Kita targetkan itu 2.200 kendaraan, tapi ternyata 2.500 kendaraan yang masuk itu. Jadi begitu dibuka itu langsung penuh. Ekor antrian yang biasanya itu selesai jam setengah 11. Kemarin setengah sembilan sudah clear. Dan itu luar biasa banget," ujar Hasanudin di sela Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi V DPR RI, di Gedung DPR MPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (27/3/2013).


Dikatakan Hasanudin, uji coba contra flow yang diresmikan Menteri BUMN Dahlan Iskan pada hari Senin lalu ini, menunjukkan hasil yang sangat memuaskan. Bahkan menurutnya, lebih bagus dari pemberlakuan contra flow di ruas Cawang-Semanggi.


"Ini lebih bagus daripada Cawang-Semanggi. Bagus banget, banyak yang muji bagus banget," katanya.


"40% kendaraan masuk ke situ. Bagus banget, kami surprised," katanya.


Meski demikian, Hasan menyatakan, contra flow ini akan dilakukan hanya hingga Jumat. Menurutnya, pihaknya akan menunggu respon dari masyarakat perihal pemberlakuan ini.


Lebih lanjut, dikatakan Hasan, untuk mengurangi kepadatan kendaraan dari arah Tanjung Priok ke arah Cawang, pihaknya akan memberlakukan contra flow di ruas Cawang-Rawamangun pada tanggal 5 April 2013 nanti.


"Kita masih dalam kesepakatan dengan CMNP, 5 April siap. Dia harus bikin kajian dulu, mempersiapkan infrastrukturnya," pungkas Hasan.


(zul/ang)