5 Importir Dapat Jatah Impor 12.500 Ekor Sapi Siap Potong

Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menambah impor sapi siap potong menjadi 12.500 ekor dari sebelumnya 6.500 ekor. Ada 5 importir sapi siap potong yang akan memasukan sapi melalui Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara.

"Sudah ada 15 perusahaan yang mengajukan permohonan surat kesehatan di Kementerian Pertanian, tetapi yang diberikan izin baru 5 perusahaan yakni, PT Bina Mentari Tunggal, PT Rumpinary, PT Lembu Jantan, PT Agro Giri Lestari dan PT Lego Makmur Lestari," ungkap Direktur Eksekutif Asosiasi Produsen Daging dan Feedlot Indonesia (Apfindo) Joni Liano saat berdiskusi dengan media, Rabu (24/7/2013).


Sebanyak 5 perusahaan importir sapi hanya menunggu perintah dan pengesahan tugas impor oleh Kementerian Perdagangan. Sebelumnya ke 5 perusahaan importir sapi telah lolos rekomendasi surat kesehatan hewan dari Kementerian Pertanian.


"Pagi tadi telah mengajukan ke Kemendag. mudah-mudahan sore ini disetujui," imbuhnya.


Jika hari ini izin impor keluar, maka ke 5 importir sapi siap mendatangkan 12.500 ekor sapi siap potong secara bertahap.


"Kalau bisa diberikan izin importasi hari ini maka tanggal 26 dan 30 bulan ini (Juli 2013) sudah bisa dilakukan pengapalan dengan kuota 12.500 mungkin. Tetapi optimistis H+5 sudah bisa terealisasi," ujar Joni.


(wij/hen)