Wal-Mart Punya Bos Baru, Gajinya Rp 207 Miliar

Jakarta -Wal-Mart Stores Inc menunjuk Kepala Divisi Internasional Doug McMillon menjadi Chief Executive Officer (CEO) yang baru. McMillon akan menggantikan CEO Mike Duke yang akan pensiun 31 Januari tahun depan.

Pria berumur 47 tahun ini bukan orang baru di perusahaan retail terbesar di dunia itu. Ia lahir di Jonesboro, Arkansas, dan mulai bergabung dengan Wal-Mart di 1984 sebagai pegawai magang di bagian distribusi.


Setelah lulus MBA, ia ditempatkan di cabang Tulsa, Oklahoma pada 1990. Pada Januari 2009 lalu ia dipromosikan menjadi menjadi kepala Wal-Mart International.


"McMillon selama ini bertanggung untuk pertumbuhan Wal-Mart di luar negeri, itulah kenapa dia cocok (jadi CEO)," kata Walter Loeb, presiden Loeb Associates, perusahaan konsultasi retail, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (26/11/2013).


Duke yang segera pensiun itu akhir tahun lalu mendapat gaji US$ 1,3 juta (Rp 13 miliar) dengan kompensasi US$ 20,7 juta (Rp 207 miliar). Pada saat itu kompensasi yang diterima McMillon sebesar US$ 9,6 juta (Rp 96 miliar).


Wal-Mart tidak membeberkan secara detil berapa gaji dan kompensasi yang akan diterima McMillon, namun gaji dan kompensasinya tidak akan berbeda jauh dengan pendahulunya. McMillon akan mulai pegang jabatan CEO Wal-Mart terhitung 1 Februari 2014.


"McMillon sudah melakukan semua jenis pekerjaan yang ada (di Wal-Mart)," kata Joe Feldman, analis dari Telsey Advisory Group.Next


(ang/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!