Hotel 1.000 Kamar Bakal Dibangun di Lembah Anai Sumatera Barat

Jakarta -Riyadh Group akan menggarap properti Anai Golf & Mountain Resort yang berlokasi di Lembah Anai, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Untuk tahap pertama, pengembangan proyek tersebut akan menyedot investasi sekitar Rp 1,5 triliun yang akan digarap selama lima tahun.

"Industri pariwisata di Sumatera Barat semakin membaik seiring pertumbuhan ekonomi nasional. Lokasi wisata di Lembah Anai ini juga akan menjadi destinasi utama pariwisata di Sumatera Barat," papar Presiden Direktur Riyadh Group, Bally Saputra, dalam keterangan tertulis, Selasa (24/12/2013).


Rencananya, proyek ini akan dilengkapi hotel berkapasitas 1.000 kamar serta convention hall yang mampu menampung 5.000 orang. "Nantinya kapasitas tampung hotel-hotel di sekitar Lembah Anai juga akan ikut kecipratan untuk menampung limpahan arus pengunjung," papar Bally.


Bally optimistis bahwa industri pariwisata (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition/MICE) atau wisata konvensi di Sumatera Barat bakal moncer di masa mendatang.


"Saat ini Sumatera Barat sudah masuk 10 besar lokasi tujuan utama industri wisata konvensi. Dengan pertumbuhan industri wisata MICE sebesar 20% di tanah air, saya yakin potensi wisata konvensi di Sumatera Barat akan tumbuh pesat," ujarnya.


Luas area pariwisata terpadu ini mencapai 400 hektar, terletak di kaki Gunung Tandikat pada ketinggian 600 hingga 700 m di atas permukaan laut.


Sementara itu, Founder PT Andalas Anaipermai International, Siswono Yudo Husodo menyatakan, Sumatera Barat sangat layak untuk menjadi salah satu destinasi pariwisata nasional kedua setelah Pulau Bali.Next


(zul/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!