Infrastruktur RI Masih Lemah, Jeruk China Lebih Murah dari Jeruk Medan

Jakarta -Meski ekonomi terus tumbuh, bahkan tahun lalu tembus 6%, namun ekonomi Indonesia masih punya kelemahan yang belum diperbaiki. Kelemahan itu adalah infrastruktur.

Ketua DPD RI Irman Gusman mengatakan, akibat infrastruktur yang belum memadai, ekonomi menjadi tidak efisien. "Itu harga jeruk dari China lebih murah daripada jeruk Medan. Di Irian Jaya, harga semen lebih mahal 20 kali lipat," ujar Irman dalam acara 'Refleksi 2013 DPD RI, di Gedung DPD, Senayan, Jakarta, Selasa (24/12/2013).


Irman mengatakan, di era desentralisasi saat ini, tiap daerah bersaing untuk meningkatkan ekonomi dan mengundang investor bisa masuk ke daerahnya.


Adapun 10 daerah yang memiliki daya saing tinggi di Indonesia, ujar Irman, adalah Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Banten, Kepulauan Riau, Riau, dan Sumatera Selatan.


"Semoga ke depannya Jakarta tidak lagi bersaing dengan Jatim dan lain-lain, tapi bersaingnya dengan Hanoi. Jatim bersaingnya dengan Selangor," katanya.


DPD juga melihat masih kurangnya perhatian ke sejumlah daerah perbatasan yang tertinggal pembangunannya. "Oleh karenanya, DPD mendorong deaerah perbatasan ini menjadi provinsi," cetus Irman.


(dnl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!