Jelang Natal dan Tahun Baru, Pemerintah Jamin Pasokan Sembako Aman

Jakarta -Pemerintah menjamin tidak akan ada lonjakan harga bahan kebutuhan pokok (sembako) jelang akhir tahun karena stok cukup. Namun kenaikkan harga akan terjadi pada produk hortikultura (sayur dan buah) walaupun tidak signifikan.

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Bayu Krismurthi mengatakan, persedian bahan-bahan kebutuhan pokok saat ini cukup untuk memenuhi kebutuhan hingga akhir tahun, meski akan terjadi lonjakan permintaan saat Natal dan Tahun Baru.


"Beras, daging, gula, minyak goreng semuanya Insya Allah tersedia," kata Bayu saat ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jl Lapangan Banteng, Jakarta, Rabu (18/12/2013).


Bayu memastikan harga-harga bahan kebutuhan pokok tersebut tidak akan naik terlalu siginfikan, karena sebelumnya telah ada komitmen dari pelaku usaha untuk tidak menaikkan harga.


"Saya mendapatkan konfirmasi para pelaku usaha konsisten dengan komitmennya. Sampai akhir tahun tidak ada kenaikkan harga yang terlalu besar. Meskipun beberapa dari mereka ada yang terpengaruh dari kurs (pelemahan rupiah)," katanya.


Khusus untuk produk hortikultura, Bayu memperkirakan harga akan naik karena terpengaruh cuaca. Meski Bayu tidak menyebut berapa kisaran kenaikkannya, menurutnya tidak terlalu besar.


"Yang menjadi perhatian kita adalah hortikultura. Kalau hortikultura itu kena hujan maka dia mungkin bisa rusak. Harga akibat karena itu mungkin bisa terganggu secara lokal, tapi untuk produk yang lain tidak," katanya.


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!