Persiapan Natal dan Tahun Baru, Wamen ESDM Sidak ke PLN Gandul

Jakarta -Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo hari ini meninjau kesiapan pasokan listrik menjelang Natal dan Tahun Baru 2014. Susilo menyambangi Penyaluran dan Pusat Pengatur Beban Jawa Bali (PLN P3BJB) Gandul, Cinere, Depok, Jawa Barat.

Dalam kunjungan tersebut Wamen ESDM didampingi Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan Rida Mulyana. Rombongan Wamen tiba di P3B Gandul pukul delapan pagi dan disambut oleh Jajaran PLN P3BJB.


Setelah meninjau lokasi gardu induk 500kv yang menyalurkan listrik ke berbagai pelosok daerah di Jawa dan Bali, Wamen mendapatkan penjelasan dari Kadiv P3BJB Agus Priyambodo dan General Manager P3BJB Haryadi mengenai kesiapan P3BJB dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru. Dalam penjelasan itu PT PLN memastikan bahwa pasokan listrik Jawa Bali menjelang Natal dan Tahun Baru dipastikan normal.


"Cukup aman sampai Desember 2013 kita punya daya pembangkit sebesar 30 Gw, atau tumbuh 6,3%. Perkiraan Natal beban puncak (BP) sebesar 19.400 Mw (86%) dengan beban terendah 14.821 Mw, sedangkan Tahun Baru 17.207 Mw beban terendah 12.589 Mw. Kondisi ini akan terus turun karena tutupnya industri hingga pada akhir tahun," ungkap GM P3BJB Haryadi kepada Wamen ESDM, Senin (23/12/2013).


Setelah mendapatkan penjelasan kesiapan menjelang Natal dan Tahun Baru Susilo Siswoutomo langsung merespon pernyataan Haryadi dan mengatakan tidak akan ada kekurangan pasokan listrik di Pulau Jawa dan Bali.


"Jadi secara teoritis tidak terjadi kekurangan listrik di Jawa dan Bali," cetusnya.


(wij/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!