Awas! Ada Jebakan Ekonomi yang Menanti Indonesia di 2030

Jakarta -Kelas menengah di Indonesia sudah tumbuh lebih baik pada saat ini. Akan tetapi ini bukanlah kabar yang menggembirakan. Karena ada jebakan ekonomi yang akan menunggu pada 15 tahun mendatang.

Jebakan ini bernama middle income trap. Yaitu saat perekonomian hanya tumbuh stagnan di kisaran 5-6%.


"Indonesia bisa terjebak dalam pendapatan kelas menengah. Masuk di kelas menengah ini bukan suatu kepuasan," kata Menteri Keuangan Chatib Basri dalam seminar nasional bersama Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) di Gedung Danapala, Kemenkeu, Jakarta, Kamis (6/2/2014).


Chatib menuturkan masa puncak dari perekonomian Indonesia adalah pada tahun 2030. Saat Indonesia harusnya mampu tumbuh di atas 10%. Ini merupakan efek beruntun dari demografis Indonesia.


Terutama dari sisi penduduk. Nantinya anak-anak muda akan menjadi tenaga kerja dan bergerak produktif untuk menopang pertumbuhan ekonomi. Sehingga negara ini akan bergerak keluar dan menjadi negara maju.


"Ada masa puncak di mana Indonesia itu harus tumbuh sampai di atas 10%. Sehinggga benar-benar disebut sebagai negara maju," ujarnya


Harusnya ini sudah dipikirkan pada 30 tahun yang lalu. Di mana ada aturan yang benar-benar memposisikan Indonesia dalam realitasnya saat ini. Bukan harus terdesak baru menjadi pembahasan.Next


(mkl/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!