Belitan Ular Nokia, Tak Ada Lawan

Jakarta -Tetris adalah permainan yang bisa dimainkan di hampir segala macam platform. Lebih dari 65 platform bisa memainkan game itu. Mulai dari komputer, kalkulator, telepon seluler, PDA, sampai di perangkat non-media seperti kartu nama.

Kesuksesan terbesar Tetris adalah saat diluncurkan dalam versi Game Boy dari Nintendo pada 1989. Sampai 2010, tercatat Tetris sudah terjual 170 juta copy, terdiri dari 70 copy fisik dan 100 juta copy untuk aplikasi mobile.


Tapi di jajaran game klasik yang fenomenal, barangkali tak ada yang bisa melawan game ular bernama Snake.


Permainan Snake sederhana. Pemain hanya harus mengarahkan perjalanan ular, supaya dapat bertambah panjang ketika semakin banyak makan dan menjaga supaya selama berjalan, ular tak boleh menabrak halangan atau tubuhnya sendiri.


Game Snake ini fenomenal setelah Nokia memasangnya di banyak ponsel buatannya, yang laris manis di seluruh dunia. Malah, ada cerita lucu-lucuan di Internet, bahwa Microsoft berani membeli Nokia senilai US$ 7,2 miliar lantaran Bill Gates termasuk yang sangat suka main game itu.


Sebetulnya sejarah Snake tak bermula di Nokia. Varian game Snake awal dimulai dari game arkade Blockade yang diterbitkan pada 1976. Versi komputer diprogram tahun 1978 oleh Peter Trefonas dengan nama Worm. Sementara di BBC Micro, sejak 1982 ada beberapa versi game Snake.


Tapi tak ada yang sesukses Nokia dalam mempopulerkan Snake. Diawali dari versi monokrom pada 1997 yang dirancang oleh Taneli Armanto, seorang ahli desain Nokia dan pertama kali ditanamkan di ponsel Nokia 6110. Next


(DES/DES)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!