Masih Lajang Kok Mikir Keuangan? It Is Better Now Than Never!

Jakarta -Pernahkah anda membayangkan apa yang terjadi jika di masa muda ini kehilangan pekerjaan? Atau tiba-tiba sakit keras sehingga butuh dana besar?

Para lajang saat ini harus pintar menyiapkan tujuan finansial. Hal ini diperlukan untuk memahami kondisi keuangan agar tidak kaget menempuh hidup.


Kebanyakan saat ini para lajang itu mempunyai pekerjaan dengan penghasilan yang lebih dari cukup, tidak punya tanggungan, belanja tidak perlu mikir dan masih tinggal dengan orangtua. Namun pertanyaan berikut membantu para lajang untuk mulai berpikir lebih dalam akan kondisi keuangannya.


Dikutip detikFinance, Rabu (9/4/2013) dari situs resmi QM Financial yang dipimpin perencana keuangan Ligwina Hananto, berikut beberapa pertanyaan yang menyangkut kondisi keuangan seseorang.


Pernah membayangkan apa yang akan terjadi kalau tiba-tiba kehilangan pekerjaan?


Keadaan ini bisa menimpa siapa saja. Untuk yang masih lajang baik pria atau wanita, biasanya perencana keuangan menyarankan agar paling tidak tabungan yang dimiliki besarnya mencapai 4 x pengeluaran bulanan. Jika dananya sudah ada, tinggal penempatannya yang dibagi-bagi. Misalkan ada yang di tabungan, deposito, reksadana pendapatan tetap atau campuran dan emas. Bagi lajang yang belum mengerti apa itu reksadana, silakan mencari informasi lebih banyak terlebih dahulu ya.


Mau sampai kapan tinggal di rumah orangtua? Tidak ingin punya rumah sendiri?Next


(dru/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!