Dahlan Dukung Pegadaian Tak Jadi Beli Bank Mutiara

Jakarta -Menteri BUMN Dahlan Iskan mendukung sikap PT Pegadaian (Persero) yang membatalkan rencana untuk membeli PT Bank Mutiara Tbk (BCIC). Menurutnya itu keputusan tepat dan sudah melalui evaluasi yang matang dari para direksi Pegadaian.

"Pegadaian ikut menawar Bank Mutiara pun saya sudah setuju, tetapi direksi rupanya melakukan evaluasi dan ternyata tidak jadi. Itu juga baik," kata Dahlan di kantor cabang Pegadaian Bidara Cina, Jakarta Timur, Minggu (27/4/2014).


Intinya, menurut Dahlan, adalah bagaimana Pegadaian tetap bisa menjalankan aksi korporasi sesuai dengan rencana. Bila pembelian Bank Mutiara dirasa tidak tepat, artinya direksi sudah memiliki prioritas lain.


"Prinsipnya saya serahkan kepada direksi. Yang penting aset itu harus digunakan, untuk apa? Terserah pada direksinya. Aset itu tidak boleh nganggur," paparnya.


Pegadaian saat ini tengah fokus dalam beberapa aksi korporasi dengan pemanfaatan aset. Salah satunya adalah perhotelan. Dahlan menilai itu adalah rencana yang bagus.


"Terserah pada manajemennya, tentu ada pertimbangan yang matang soal itu. Mereka orang yang pintar-pintar," kata Dahlan.


Sebelumnya, Direktur Utama Pegadaian Suwhono menyatakan pihaknya sempat mempertimbangkan kemungkinan membeli bank yang dulu bernama Bank Century tersebut. "Kemarin memang sempat diskusi tentang bank Mutiara. Tetapi setelah memperoleh paparan dari PT Danareksa selaku kuasa advisor Bank Mutiara, kami melakukan peninjauan kembali," ungkapnya.


Salah satu pertimbangan Pegadaian adalah kapasitas dan kemampuan sumber daya yang ada. Menurut Suwhono, lebih baik Pegadaian fokus pada rencana yang sudah ada, salah satunya adalah terjun di bisnis hotel.


(mkl/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!