Agus Marto Sebut CT Sudah 3 Kali Tolak Tawaran Jadi Menteri

Jakarta -Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo menyambut baik terpilihnya Chairul Tanjung atau CT sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang baru. Padahal CT sempat tiga kali menolak tawaran menjadi menteri setidaknya selama periode 10 tahun terakhir.

"Kita sambut baik Pak Chairul Tanjung sebagai Menteri Koordinator bidang Perekonomian," tegas Agus saat membuka acara bertajuk Sarasehan Nasional: Kebangkitan Ekonomi Bangsa, di Ruang Chandra, Gedung Kebon Sirih lantai 6, Kompleks Perkantoran BI Jakarta, Selasa (20/05/2014).


Agus menilai CT sebagai pengusaha yang sukses. Ia mencatat sudah 3 kali CT menolak tawaran menteri dari Presiden SBY.


"Saya hadir saat sertijab (serah terima jabatan) dan saya sangat besar hati Pak Chairul Tanjung adalah seorang tokoh yang kita kenal. Sejak tahun 2004 Pak Presiden SBY menawarkan menjadi menteri tetapi beliau menolak. Tahun 2009 kembali ditawarkan jadi menteri tetapi menolak, bahkan tahun 2013 kembali ditawarkan tetapi tetap menolak," tuturnya.


Sampai akhirnya CT menerima tawaran Presiden SBY menjadi Menko Perekonomian menggantikan Hatta Rajasa. Hatta Rajasa memilih mengundurkan diri sebagai menteri karena ingin fokus dengan pencawapresannya.


"Saat ini beliau akhirnya menerima jabatan Menko Perekonomian dan jabatan ini menjadi tanggung jawab beliau. Beliau merasa terpanggil dan kita sambut baik," katanya.


Acara sarasehan ini, selain dihadiri oleh Agus Martowardojo dan CT, beberapa tokoh nasional yang hadir antara lain Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman dan para bupati se-Indonesia.


(wij/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!