'Tol' Laut Jokowi Bikin Pantura Awet dan Hemat Subsidi BBM

Jakarta -Joko Widodo, Gubernur DKI Jakarta yang juga calon presiden 2014-2019, punya ide membangun proyek 'tol' laut dari Sumatera-Papua. Bukan berbentuk jalan, 'tol' ini adalah kapal besar yang berkeliling dari pelabuhan ke pelabuhan lain di Sumatera sampai Papua.

Edib Muslim, Kepala Divisi Komunikasi Publik dan Promosi Sekretariat Komite Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (KP3EI), menyatakan konsep Jokowi tersebut sebenarnya sudah ada dalam program Sistem Logistik Nasional dan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Indonesia (MP3EI).


Menurut Edib, salah satu sisi positif pengembangan maritim adalah membuat jalan raya lebih awet. Ini karena truk-truk bermuatan berat sudah melalui jalur laut.


"Volume yang dibawa 1 kapal itu bisa 100-150 truk. Dengan demikian, ini tidak merusak jalan," kata Edib kala berbincang dengan detikFinance, Kamis (22/5/2014).


Edib mencontohkan jalan Pantura yang sangat sering mengalami kerusakan. Salah satu penyebabnya adalah karena dilalui truk yang muatannya melebihi kekuatan jalan.


"Jalannya cuma bisa 10 ton, tapi dilewati yang 40 ton, Pasti rusak," tegasnya.


Selain bikin jalan lebih awet, penggunaan transportasi laut juga bisa menghemat konsumsi bahan bakar minyak bersubsidi (BBM). Saat ini, truk pengangkut kebutuhan pokok masih menggunakan solar bersubsidi. Ketika truk diangkut dengan kapal, maka konsumsi BBM-nya akan lebih hemat.Next


(hds/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!