SPBU Tak Jual BBM Subsidi di Hari Libur, Ini Kata BPH Migas

Jakarta -Menteri ESDM Jero Wacik melontarkan wacana melarang SPBU menjual bahan bakar minyak (BBM) subsidi pada hari libur, yakni Sabtu-Minggu dan tanggal merah. Hal ini bertujuan untuk menekan konsumsi BBM subsidi dan terus membengkaknya anggaran subsidi di APBN 2014.

Ketua Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi Andy Noorsaman Someng mengatakan, rencana tersebut bagus dan bisa menekan konsumsi BBM subsidi.


"Gagasan ini bagus dan perlu didukung masyarakat," ucap Andy kepada detikFinance, Kamis (22/5/2014).


Andy mengungkapkan, dengan adanya langkah-langkah pengendalian BBM subsidi tersebut, diharapkan konsumsi BBM subsidi tahun ini tidak lebih dari yang ditentukan yakni sebanyak 48 juta kilo liter.


"Kami optimistis konsumsi BBM subsidi tidak melebihi target 48 juta KL. Memang konsumsi solar di atas kuota yang ditetapkan, namun dapat ditukar kuotanya dengan konsumsi premium yang masih di bawah kuota," tutupnya.


Seperti diketahui, Menteri ESDM Jero Wacik mewacanakan untuk melarang penjualan BBM subsidi di SPBU pada hari libur.


"Ini ada ide yang lagi kita kaji, kalau Sabtu-Minggu atau hari libur SPBU tidak jual BBM subsidi, hanya BBM non subsidi," ucap Menteri ESDM Jero Wacik di The 38th Indonesia Petroleum Association (IPA) Convex 2014 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (21/5/2014).Next


(rrd/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!