Kedelai Jepang Asal Jember Siap Rambah Australia dan Timur Tengah

Jakarta -Produsen kedelai edamame atau Kedelai Jepang, PT Mitratani Dua Tujuh membidik pasar Australia dan Timur Tengah. Selama ini, anak usaha BUMN PTPN X ini fokus mengekspor produk kedelai edamame ke Jepang. Mitratani mempunyai lahan seluas 1.100 hektar di Jember dan Bondowoso, Jawa Timur.

"Kami mencoba mengembangkan ekspor ke Australia dan Timur Tengah sebagai upaya diversifikasi pasar. Tapi Jepang masih akan menjadi pasar utama," kata Direktur Mitratani Dua Tujuh, Wasis Pramono dalam keterangan tertulisnya, Rabu (21/5/2014).


Ia mengatakan pihaknya cukup menguasai pasar produk edamame di Jepang. Menurut Wasis, pasar Australia dan negara-negara Timur Tengah cukup potensial karena konsumsi hortikultura di negara-negara tersebut cukup tinggi. Kesadaran untuk mengonsumsi makanan sehat telah mampu meningkatkan permintaan edamame.


"Kami ingin, ke depan pasar non-Jepang mulai berkembang. Setidaknya 35 persen produk kami terdistribusi ke luar Jepang. Selama ini, 80 persen dari ekspor kami tertuju ke Jepang, baru sisanya ke dalam negeri dan negara di luar Jepang," katanya.


Meski demikian, pihaknya juga akan memperkuat pasar dalam negeri karena potensinya cukup menjanjikan. Tahun ini Mitratani menargetkan pendapatan sebesar Rp 130 miliar. Target ekspor dipatok sebesar 6.700 ton produk edamame.


"Hingga kuartal pertama 2014, kinerja sudah on the right track,” ujarnya.


Wasis mengatakan, pasar di Jepang akan tetap menjadi prioritas karena selama ini produk Mitratani sudah cukup mendominasi pasar edamame di Negara Sakura tersebut. Mitratani memiliki 22 konsumen besar di Jepang. Next


(hen/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!