Dana Asing Masuk Bursa Rp 41 Triliun Sejak Awal Tahun

Jakarta -Investor asing menempatkan dananya di pasar modal sebanyak Rp 41 triliun sejak awal tahun sampai penutupan perdagangan kemarin. Salah satu faktor pendorongnya adalah optimisme Pemilu yang berjalan lancar.

Seperti dikutip dari data perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) per 21 Mei kemarin, total pembelian bersih alias net buy investor asing mencapai Rp 41,146 triliun.


Investor asing juga termasuk yang paling aktif bertransaksi di lantai bursa ketimbang investor domestik. Total nilai transaksi yang sudah dilakukan investor asing sejak awal tahun mencapai Rp 352,1 triliun setara 61% dari total transaksi BEI.


Sementara sisanya yang sebesar 39% adalah investor domestik, dengan nilai Rp 225 triliun. Tapi kemarin asing memilih wait and see sementara domestik getol jual saham.


Menurut Pengamat Pasar Uang Farial Anwar, selain didukung data-data ekonomi seperti turunnya defisit neraca perdagangan dan inflasi yang terkendali, masuknya asing juga ditarik oleh mulai jelasnya peta politik jelang pemilihan umum presiden.


"Asing kembali tertarik masuk ke pasar keuangan kita. Asing tidak hanya masuk lewat IHSG tapi juga obligasi," ujarnya baru-baru ini.


Selain sempat membuat IHSG naik hingga menembus level 5.000, dana asing ini juga bisa menekan dolar hingga ke kisaran Rp 11.300-an.


Sementara jumlah aset asing yang tercatat di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) perbulan April lalu mencapai Rp 1.697,721 triliun, masih lebih tinggi dari aset investor domestik yang mencapai Rp 1.214,21 triliun.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!