Ciputra: Presiden Baru Harus Mementingkan Pengusaha

Jakarta -Pengusaha properti senior, Ciputra mengharapkan Indonesia butuh pemimpin yang mampu mencetak banyak pengusaha. Ia beralasan, kewirausahaan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Demikian dikatakan Ciputra saat ditemui di Marketing Gallery Kuningan, Jakarta, Jumat (8/5/2014).


"Pemimpin (presiden) yang baru harus mementingkan entrepreneur (pengusaha) karena negara ini tanpa entrepreneur nggak akan berkembang," katanya.


Menurutnya, untuk menjadi seorang pengusaha sukses harus dimulai dari bawah, sehingga sukses menjadi lebih bernilai. "Misal kalau sudah jadi pengusaha warung supaya jadi lebih besar, dari kaki lima itu dilatih lagi agar bisa berkembang," ucapnya.


Ciputra menjelaskan, tak ada alasan bagi seseorang untuk tidak bisa sukses, apapun latar belakang pendidikannya.


"Apalagi anggaran kita 20% dari APBN untuk pendidikan tapi entrepreneur nggak ada. Kita harus siapkan. Misal kita latih TKW (Tenaga Kerja Wanita), itu perlu dilatih, kan pada punya bakat," ujar dia.


Ia menyebutkan jumlah pengusaha di Indonesia masih sangat minim, hanya 0,5% dari total penduduk Indonesia. Idealnya, dalam sebuah negara minimal ada 2% jumlah pengusaha.Next


(drk/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!