Menkeu Chatib: Sulit Naikkan Harga BBM Sekarang

Jakarta -Pemerintah mengaku sulit untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi dalam waktu dekat. Ini karena kenaikan harga BBM harus disertai program kompensasi. Pelaksanaan program kompensasi, misalnya bantuan langsung, menjadi isu sensitif pada tahun politik seperti ini.

Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan bila harga BBM dinaikkan maka harus dipersiapkan program kompensasi. Contohnya tahun lalu, di mana pemerintah memberikan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM).


Dengan nuansa politik yang sangat kental tahun ini, pelaksanaan program bantuan langsung bisa diartikan sebagai politik uang untuk menarik simpati pemilih.


"Sulit kalau pemerintah sekarang mau ada kenaikan harga BBM. Artinya harus dipersiapkan kompensasi, dan itu bisa diartikan sebagai money politic," tegas Chatib kepada wartawan di kantornya, Jakarta, Jumat (9/5/2014).


Program kompensasi, lanjut Chatib, selalu disediakan setiap kali pemerintah menaikkan harga BBM. Ini dibutuhkan agar daya beli masyarakat dan perekonomian secara umum tidak terlalu terpengaruh.


"Kompensasi tetap akan selalu ada, buat mitigasi," ujarnya. Menurut Chatib, pemerintah tidak menginginkan adanya kegaduhan dari banyak pihak karena kebijakan yang dikeluarkan.


(mkl/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!