Jalur Ganda Kereta Jakarta-Surabaya Bisa Digunakan Saat Musim Mudik 2014

Jakarta -Jalur ganda (double track) kereta api (KA) Jakarta-Surabaya sepanjang 727 Km ditargetkan selesai akhir bulan ini. Rencananya operasional perdana proyek pemerintah yang menelan dana Rp 10,8 triliun ini dimulai awal Juni 2014.

Artinya masyarakat pengguna jasa layanan KA bisa menggunakan jalur ganda saat musim mudik tahun ini.


"Jalur ganda ini kemarin sudah switchover, yaitu dari Stasiun Babat ke Kandangan sejauh 60 Km. Program ini selesai secepatnya dan full operasional akan dilakukan 1 Juni 2014. Lebarankan tanggal 28 Juli 2014, Insya Allah siap operasi," ungkap Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Hanggoro Budi Wiryawan kepada detikFinance, Jumat (9/05/2014).


Saat ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sibuk untuk menyelesaikan jalur ganda kereta api yang belum terpasang sepanjang 8 Km dari Stasiun Kandangan menuju Stasiun Pasar Turi, Surabaya. Salah satu masalahnya adalah karena proses pembebasan lahan.


"Jadi yang tersisa hanya 8 Km. Salah satu masalahnya ada tanah kita yang digunakan Pemkot Surabaya untuk jalan. Nah karena kita mau bangun jalur ganda KA ini sedang dalam proses. Kira-kira 800 meter menuju Stasiun Pasar Turi," katanya.


Sementara itu, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Hermanto Dwi Atmoko menjelaskan pihaknya hari ini akan bertemu dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Pertemuan hari ini juga melibatkan Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono. Salah satu agendanya adalah menyelesaikan masalah pembebasan lahan di Kota Surabaya.


"Masalah tanah dipercepat, perlu sertifikat yang jelas. Yang masih terkendala salah satunya di Stasiun Tandes ada 300 meter tetapi rumahnya banyak. Tidak akan kita bayar kalau tidak ada sertifikatnya. Kalau sudah jelas semua mulai jalan," katanya.


(wij/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!