Realisasi MP3EI Tak Sampai 50%, Ini Kata Hatta

Jakarta -Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) sudah berjalan sejak Mei 2011. Dari target yang sebesar Rp 2.000 triliun, hingga kuartal I-2014 realisasinya adalah Rp 838,9 triliun. Masih kurang dari setengahnya.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan banyak proyek besar yang saat ini masih terkendala. Di antaranya adalah proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batang Jawa Tengah dan Pelabuhan Cilamaya, Jawa Barat.


"Ada beberapa project yang mengalami hambatan, yang kita perkirakan bisa diatasi pemda. Tapi ada juga beberapa yang dampak sosial yang perlu mendapatkan perhatian khusus, misalkan PLTU Batang dan Cilamaya," kata Hatta usai rapat koordinasi di kantornya, Jakarta, Kamis (8/5/2014).


Menurutnya, proyek tersebut baru bisa berjalan dalam beberapa bulan ke depan sehingga belum terhitung pada realisasi MP3EI per kuartal I/2014.


"Seperti Cilamaya. Mungkin groundbreaking baru 2015," ujarnya.


Hatta mengatakan target Rp 2.000 triliun adalah jangka pendek, berdasarkan komitmen dari investor. Pemerintah sendiri tetap menargetkan Rp 4.000 triliun sampai 2020.


"Project kita itu Rp 4.000 triliun sampai dengan 2020. Yang sudah selesai sekitar Rp 800 triliun lebih, artinya ada sebagian," kata Hatta. Next


(mkl/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!