Proyek Tol Desari Gusur Lahan Mantan Menteri, Bos Minyak Hingga Artis

Jakarta -Pembebasan lahan ruas tol Depok-Antasari (Desari) menggusur lahan milik beberapa orang terkenal. Mereka antaralain mantan menteri, bos perusahaan minyak hingga artis.

Ketua Tim Pembebasan Tanah Kementerian Pekerjaan Umum (Kementerian PU) Ambardi Effendi mengatakan, bidang tanah yang dibebaskan milik para publik figur tersebut berlokasi di kawasan Gandul Depok dan Pondok Labu,Jakarta Selatan. Para orang terkenal tersebut bisa menerima dan bersedia tanahnya dibebaskan.


"Mereka pada maklum. Nggak ada masalah. Lokasinya di Gandul, ada yang di Pondok Labu," kata Ambardi kepada detikFinance, Jumat (9/5/2015).


Dikatakan Ambardi, lahan tol yang dibebaskan tersebut tidak sampai menggusur rumah yang bersangkutan. Proses pembebasan lahan ada yang dilakukan pada 2012.


"Rumahnya terkena, kepotong, Mungkin ada yang kepotong pinggirnya, nggak sampai digusur," lanjutnya.


Ia menambahkan harga pembebasan lahan termahal proyek Tol Desari berada di pinggir Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan. Pihak PT Citra Waspphutowa, selaku perusahaan pengembang tol, sempat menyampaikan harga tanah proyek Tol Desari beragam, dari Rp 700.000 hingga Rp 12 juta/meter.


Sementara itu, Kepala bidang Pengadaan Tanah II, Kementerian Pekerjaan Umum Sri Sadono mengatakan progres pembebasan lahan untuk ruas tol Depok-Antasari secara total sepanjang 22 Km baru mencapai 22% dengan luas 192 hektar.Next


(zul/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!