FSRU Lampung Segera Beroperasi

Lampung -PT Perusahaan Gas Negara (PGN) mengukuhkan komitmen untuk mendorong percepatan konversi energi dari bahan bakar minyak (BBM) ke gas.

Realisasinya ditunjukkan dengan akan segera dioperasikannya Floating Storage Receiving Terminal (FSRU) yang akan memasok gas ke kawasan Lampung atau pun Jawa Barat dan Tanggerang. Fasilitas ini diperkirakan mulai bisa menerima gas alam cair (liquid natural gas/LNG) pada awal Juli 2014.


Vice President Corporate Communication PGN Ridha Ababil menyatakan, keberadaan FSRU Lampung ini akan meningkatkan kehandalan pasokan gas PGN.


Dimana, sumber gas emiten berkode PGAS itu yang disalurkan kepada konsumen tidak hanya bersumber dari lapangan gas di Sumatera atau pun Jawa saja melainkan dapat mengandalkan sumber pasokan gas dari Kilang LNG yang berada di Indonesia Timur.


Sehingga produk LNG dari Kilang dalam negeri yang selama ini hanya bisa diekspor tersebut, saat ini juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan domestik.


"Dulu kan di ekspor alasannya karna gak ada infrastruktur, sekarang dengan adanya FSRU ini gas dari Indonesia timur bisa dimanfaatkan juga untuk kebutuhan dalam negeri," kata Ridha dalam Site Visit FSRU Lampung, Sabtu, (10/5/2014).


Ridha menambahkan, PGN FSRU Lampung ini adalah bagian dari infrastruktur gas bumi terintegrasi di Lampung yang dibangun oleh PGN. FSRU sendiri merupakan tempat penyimpanan sementara LNG sekaligus tempat regasifikasi LNG yang berada di berbentuk kapal terapung.Next


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!