Game of Thrones Dongkrak Ekonomi Irlandia Utara

Jakarta -Anda mungkin adalah penggemar berat serial televisi Game of Thrones. Serial ini menarik perhatian pemirsa di seluruh dunia, karena menawarkan drama dan intrik yang kompleks.

Demam Game of Thrones memang mendunia. Di Amerika Serikat saja lebih dari 14 juta orang menyaksikan serial ini. Bahkan Presiden Barack Obama pun menjadi fans beratnya.


Kepopuleran Game of Thrones yang mendunia berdampak pula pada peningkatan ekonomi di Irlandia Utara, negara tempat pengambilan gambar serial ini. Antara lain adalah peningkatan kunjungan turis dan penyerapan tenaga kerja.


Pengambilan gambar Game of Thrones dilakukan di Giant Causeway, Irlandia Utara. Banyak turis yang ingin melakoni tur di daerah ini setelah menyaksikan Game of Thrones.


"Permintaannya terus naik. Mereka sangat menggilai Game of Thrones. Bahkan tidak sedikit di antara mereka yang belum pernah datang ke Irlandia Utara, dan akhirnya ke sini karena Game of Thrones," papar Christine McComb, pemilik Belfast Coach Company, salah satu penyedia jasa pariwisata seperti dikutip dari BBC, Minggu (11/5/2014).


Sejak 5 tahun pengambilan gambarnya, Game of Thrones telah membawa dampak ekonomi langsung senilai 82 juta poundsterling atau lebih dari Rp 1,5 triliun.


Selain itu, Game of Thrones juga menambah lapangan kerja di Irlandia Utara. Ada 900 pekerja tetap, 5.700 pekerja lepas, dan sekitar 2 juta tenaga kerja yang tercipta karena serial ini.


"Apapun yang mendukung Game of Thrones baik untuk kota ini," kata Mairtin O Muilleoir, Wali Kota Belfast.


Moyra Lock, Direktur Marketing Northern Ireland Screen, menyebutkan bahwa dampak ekonomi dari Game of Thrones memang luar biasa. "Bukan hanya sekedar uang, tapi penciptaan nilai tambah. Orang-orang di sini bisa meningkatkan kemampuan mereka di berbagai bidang," katanya.


(hds/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!