Cerita Menko Sofyan Di-'Booking' 9 Bos Perusahaan Kelas Dunia

Jakarta -World Economic Forum (WEF) memang baru akan digelar pada 19-21 April 2015. Akan tetapi beragam jenis pertemuan di luar agenda sudah disusun, baik antara pemerintah dengan pemerintah maupun dengan dunia usaha.

Menko Perekonomian Sofyan Djalil mengaku telah menerima undangan pertemuan dari 9 investor besar di dunia.


"Saya ada sekitar 9 dunia usaha yang minta waktu ketemu untuk bicara," ungkap Sofyan dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Kamis (16/4/2015).


Perusahaan ini bergerak di berbagai sektor. Di antaranya adalah pertambangan, jasa keuangan, pertanian, dan manufaktur.


Biasanya, kata Sofyan, dalam pertemuan informal seringkali pembahasannya lebih spesifik dibandingkan dengan pertemuan formal saat agenda WEF berlangsung. Meski belum dapat dipastikan adanya komitmen investasi.


"Konkretnya tentu kita tidak bisa karena forum seperti ini (informal) bukan untuk deal bisnis. Tapi nanti ini akan banyak sekali CEO yang minta ketemu saya," terang Sofyan.


Selain dirinya, investor juga ingin bertemu dengan menteri-menteri lain seperti Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Menteri Perindustrian Saleh Husin, serta Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani.


"Jadi akan banyak sekali pembicaraan. Tapi tidak bisa menjanjikan," ujarnya.


Sofyan mengatakan perwakilan dunia usaha yang hadir pasti dengan level strategis dan pengambil kebijakan. Sehingga tidak menutup kemungkinan adanya kesepakatan investasi.


"Dampaknya pasti ada, meski memang tidak bisa dipastikan dalam bentuk angka. Akan tetapi perusahaan yang hadir pasti diwakili CEO atau yang levelnya bisa mengambil keputusan dengan cepat. Sehingga ada deal investasi," terangnya.


(mkl/hds)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com