Menteri Susi Bagi-bagi Rp 100 Miliar ke 5 Daerah Tahun Ini

Jakarta -Selain memberantas illegal fishing, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) punya program khusus tahun ini. KKP di bawah komando Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti akan membangun sentra perikanan terpadu.

Susi mengatakan untuk tahap awal, tahun ini akan ada 5 daerah yang masing-masing akan mendapatkan dana bantuan Rp 100 miliar.


"Ada 5 daerah perbatasan yaitu Morotai (Maluku Utara), Merauke (Papua), Natuna (Kepulauan Riau), Simeuleu (Aceh), dan Tanimbar (Maluku Tenggara). Semuanya dikasih masing-masing Rp 100 miliar dibangun sentra perikanan yang integrated model-nya," ungkap Susi saat diskusi terbatas di kediaman pribadinya Widya Chandra V No. 26 Jakarta, Jumat malam (17/04/2015).


Jumlah itu akan bertambah setiap tahunnya. Menurut target jangka panjang KKP, dari tahun 2015 hingga 2019 KKP mentargetkan membangun sentra perikanan terpadu di 100 titik lokasi.


"Tahun ini ada 5, tahun depan ada lagi," tambah Susi.


Program pembangunan sentra perikanan adalah salah satu program pendukung pengembangan sistem logistik ikan nasional yaitu untuk memperlancar distribusi produk perikanan yang efisien dan efektif dari hulu sampai hilir yakni dari produsen ke konsumen.


Selain itu program pembangunan sentra perikanan terpadu ditujukan untuk tempat pelatihan, pemagangan, pusat diseminasi teknologi, dan pusat advokasi bisnis ke masyarakat luas dalan rangka mendukung peningkatan kemampuan berinovasi untuk meningkatkan daya saing.


"Nantinya ada pendidikan dan kegiatan tangkap juga lainnya. Jadi sistemnya integrated (di satu wilayah)," jelas Susi.


(wij/ang)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com