Ini Bedanya Antrean di 'ATM' Tiket dan Loket Kereta Api

Jakarta -PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan fasilitas Ticket Vending Machine (TVM) alias mesin mirip ATM yang melayani pembelian tiket kereta api. Fasilitas ini baru tersedia di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir di Jakarta.

Fasilitas ini disediakan sebagai solusi pembelian tiket tanpa perlu antre berlama-lama. Dari pantauan detikFinance, jalur antrean antara TVM dan loket biasa tampak jauh berbeda.


Tidak ada antrean panjang di jalur TVM, hanya satu-dua orang saja yang menunggu sementara calon penumpang membeli tiket. Sementara di loket biasa tampak ada antrean mengular hingga lebih dari 10 orang tiap jalur.


Salah satu calon penumpang bernama Elly mencoba memanfaatkan ATM tiket di Stasiun Gambir. Nenek berusia 60 tahun ini dibantu satu petugas.


Elly memesan 3 tiket dengan tujuan Stasiun Gambir-Cirebon sambil mengikuti prosedur sesuai arahan petugas. Awalnya Elly sempat mengeluh karena sistem memproses permintaan cukup lama.


"Kok lama ya?" Kata Elly kepada petugas di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat (17/4/2015).


Tak butuh waktu lama, sistem pemesanan kembali normal. Hingga tiba pada proses pembayaran. Elly memasukkan uang tunai ke mesin ATM tiket sesuai jumlah yang diminta. Usai memperoleh bukti pembayaran, Elly terlihat sumringah.Next


(feb/ang)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com