2 BUMN Ini Kebut Proyek Tol Sepanjang 177 Km Hingga Tuntas 2017

Jakarta -Dua ruas jalan Tol Trans Jawa yakni Jalan Solo-Ngawi 90,1 Km dan Ngawi-Kertosono 86,6 Km, berpindah tangan dari PT Thiess Cotractors Indonesia (TCI) kepada dua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni PT Jasa Marga dan PT Waskita Karya.

‎‎

Direktur Utama PT Jasa Marga Adityawarman percaya diri bisa menyelesaikan konstruksi kedua tol ini pada 2017 atau lebih cepat dari target Pemerintah pada 2018.

Rasa percaya diri Adit panggilan akrab Adityawarman karena lahan yang tersedia untuk pembangunan dua ruas jalan tol yang total panjangnya 176,7 km, dengan luas lahan sekitar 946 hektar tersebut telah mencapai 80%.


"Bahkan tahun ini pembebasan lahan bisa 100 %. Itu mengapa saya yakin," kata Adit di Pulau Dua Resto, Jakarta, Kamis (16/4/2015).‎


Ia pun yakni pada 2017 jalan tol ini sudah bisa beroperasi sebagai jalan tol yang nyaman dilalui. Keyakinannya didukung fakta bahwa dari 176,7 km ruas jalan tol ini, sepanjang 20,6 km akan dikerjakan oleh pemerintah dengan mengucurkan anggaran dari APBN-P 2015.


"Jadi kami tinggal mengerjakan sisanya. Pembangunannya akan lebih cepat," katanya.



Saat ini, proses akuisisi konsesi tol ini tinggal menyisakan tanda tangan akte jual beli antar kedua belah pihak. Sementara, surat pernyataan pengalihan aset dari pihak Thiess telah disampaikan ke Pemerintah dalam hal ini Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.


Sambil menunggu seluruh proses administrasi selesai, ia mengaku akan melakukan lelang kontraktor untuk mengerjakan konstruksi jalan tol ini dalam waktu dekat.


Ruas jalan tol Solo-Ngawi dimiliki oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Solo Ngawi Jaya. Sementara ruas jalan tol Ngawi-Kertosono oleh BUJT PT Ngawi Kertosono Jaya. Dua BUJT tersebut semula dimiliki 100% oleh PT Thiess Contractors Indonesia (TCI).


Dengan pengesahan ini maka kepemilikan saham beralih kepada PT Jasa Marga dan PT Waskita Karya. Keduanya berbagi porsi kepemilikan 60% untuk Jasa Marga dan 40% untu Waskita Karya.‎


(dna/hen)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com