Pertamina Hapus Bensin Premium, Menteri ESDM: Kita Ingin Energi Bersih!

Jakarta -Mulai bulan depan, PT Pertamina (Persero) akan menghapus bensin premium RON 88 pada SPBU di kota-kota besar. Akan ada bensin baru yang diluncurkan sebagai pengganti Premium.

Pemerintah melalui Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan, kebijakan Pertamina tersebut merupakan langkah untuk menghilangkan bensin RON 88.


"Kita ingin energi kita makin bersih. Tapi Pertamina sedang kaji dengan BPH Migas. Jadi kita tunggu saja bagaimana hasil kajian. Tapi yang terbaik kalau energi kita semakin bersih dan itu sejalan rekomendasi dari Tim Reformasi Tata Kelola Migas," ujar Sudirman di Istana Negara, Jakarta, Jumat (17/4/2015).


Pertamina memang akan meluncurkan bensin baru pengganti Premium. Menurut pengusaha SPBU, jenis bensin pengganti Premium ini adalah Pertalite dengan RON antara 90-91. Bensin jenis baru ini secara bertahap akan diluncurkan Pertamina mulai Mei di sejumlah SPBU khususnya di pusat kota besar.


Jenis bensin baru ini kualitasnya lebih bagus daripada Premium tapi lebih murah dari Pertamax 92, sehingga diyakini masyarakat akan beralih ke bensin jenis baru ini dan meninggalkan Premium. Harapannya, Premium bisa dihapuskan seiring beralihnya masyarakat ke bensin baru ini.


(dnl/hds)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com