Sofyan Djalil: Bensin Premium Itu Unik Sekali, Cuma RI yang Pakai

Jakarta -Menko Perekonomian Sofyan Djalil mendukung penghapusan bensin Premium RON 88, yang akan mulai dilakukan bertahap oleh Pertamina bulan depan. Akan ada bensin pengganti Premium yang disiapkan.

"RON 88 itu memang unik sekali, cuma Indonesia yang punya RON 88," ungkap Sofyan sambil tertawa di Istana Negara, Jakarta, Jumat (17/4/2015).


Alasan Indonesia sampai saat ini masih mempertahankan Premium RON 88, ujar Sofyan, karena kapasitas kilang di dalam negeri mayoritas hanya bisa memproduksi bensin RON 88.


"Sekarang kan Pertamina mengimpor RON yang oktan lebih tinggi, dia campur dengan RON lebih rendah, akhirnya jadilah RON 88," ujarnya.


Namun ke depan, BBM jenis Premium RON 88 harus dihilangkan. Tujuannya, agar masyarakat bisa menikmati BBM dengan jenis yang lebih baik. Di samping itu juga terhindar dari risiko kerusakan lingkungan.


"Sekarang Pertamina saya dengar, inisiatif mau perkenalkan RON yang lebih tinggi, RON 91. Itu sudah mendekati. Intinya semakin tinggi oktan semakin bagus buat mesin, bagus bagi lingkungan, pembakaran terbakar lebih banyak," terang Sofyan.


(mkl/dnl)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com