Bangun 'Indonesia Global Gateway', Telkom Rogoh Kocek Rp 26,91 Triliun

Jakarta -PT Telekomunikasi Indonesia Tbk atau Telkom (TLKM) tengah fokus menyelesaikan jaringan sistem komunikasi kabel optik bawah laut, untuk menghubungkan dan mentransfer jasa telekomunikasi berkecepatan tinggi dari Aceh hingga Papua.

Di Februari 2015, kabel bawah laut yang menghubungkan Aceh hingga Sulawesi sudah rampung.


Sementara untuk tahap kedua, akan diselesaikan kabel bawah laut Sulawesi lewat selatan hingga Timika dan Merauke, yang diharapkan akan selesai di September tahun ini.


"Kita hadir di negara ini untuk memberikan kontribusi nasional, memutuskan untuk membangun tol, ada laut, darat, kita juga punya program broadband highway," kata Direktur Utama Telkom, Alex Janangkih Sinaga, saat jumpa pers di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (17/4/2015).


Selain di bawah laut Indonesia, Alex menyebutkan, Telkom juga akan menyambungkan kabel optik bawah laut hingga ke arah Timur Tengah dan Eropa Barat dengan membentuk konsorsium.


"Ini baru mulai yang arah Timur Tengah dan Eropa Barat 2016. Kalau ini selesai, kita harapkan Indonesia bisa jadi hub untuk traffic data, Timteng, Eropa, lewat Indonesia, Asia Pasifik sampai AS, ini yang kita sebut Indonesia global gateway," jelas dia.


Lewat pembangunan infrastruktur tersebut, Alex meyakini, Telkom bisa memperkuat bisnisnya ke depan.Next


(drk/dnl)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com