Mau Jual Rumah? Ini Tipsnya...

Jakarta - Menjual rumah memang tidak mudah dilakukan. Kadang membutuhkan waktu yang cukup lama. Bahkan karena sulitnya menjual rumah, biasanya banyak orang menjadi 'khilaf' dengan menjualnya secara murah.

Berikut beberapa tips dari detikFinance yang dikumpulkan dari berbagai sumber, Minggu (17/3/2013) dalam menjual rumah secara pintar.


Datangi Broker atau Agen Penjual Rumah


Tips pertama bagi anda yang tidak memiliki waktu banyak ada baiknya menggunakan jasa broker atau agen properti untuk menjual rumah. Keuntungan dari memakai broker, anda bisa menaksir nilai rumah anda sesuai yang diharapkan terlebih dahulu. Secara logika broker properti akan memberikan harga tertinggi agar dia mendapat komisi yang tinggi pula.


Namun dalam memilih broker, pastikan broker tersebut memiliki pengalaman luas dan berkarakter baik. Broker tersebut juga harus mempunyai track record atau punya banyak pengalaman melakukan transaksi, terutama di kawasan lokasi rumah Anda.


Percantik Terlebih Dahulu Rumah Anda


Dalam upaya menarik pembeli dan membuat rumah anda mudah diingat, pertimbangkanlah untuk merombak rumah itu supaya tidak mirip dengan rumah lain di lingkungan sekitar anda. Anda bisa lakukan ini dengan merombak taman, jendela atau atap.


Renovasi ini bisa mempercantik penampilan rumah, sekaligus memberi nilai tambah. Setiap renovasi yang dilakukan tidak perlu mengeluarkan dana tinggi, cukup dengan warna dan desain yang mencolok sehingga bisa merangsang minat beli orang lain.


Publikasikan Penjualan Rumah Anda


Untuk melakukan publikasi, awalnya lakukan langkah sederhana dengan memasang plang dengan keterangan bahwa rumah anda akan dijual. Jangan lupa tambahkan nomor kontak yang bisa dihubungi.


Publikasi kedua yakni melalui internet. Langkah tepat saat ini adalah melalui situs properti yang memang tidak menarik biaya bagi anda yang ingin beriklan. Melalui internet memudahkan pembeli untuk memilih dan mengetahui. Jangan lupa sertakan alamat lengkap, peta lokasi hingga foto rumah anda.


Publikasi juga bisa dilakukan melalui media massa cetak. Dimana anda harus merogoh kocek yang tidak murah juga. Perlu diingat lakukan publikasi melalui media massa pada hari Sabtu dan Minggu.


Jangan lupa beritakan kepada tetangga anda mengenai penjualan rumah beserta harga rumah anda.


Bersihkan Rumah Anda!


Sangat penting untuk menyingkirkan barang-barang tidak terpakai di rumah, selain menghilangkan kesan jorok, calon pembeli juga akan merasa rumah anda lebih luas. Ada baiknya juga singkirkan beberapa furnitur dan mebel yang sudah terlihat tua, juga beberapa foto keluarga dan barang-barang pribadi.


Tentukan Harga Sebaik Mungkin


Terlepas dari seberapa baik anda merenovasi dan mempercantik rumah, harga rumah yang tepat merupakan yang paling utama. Anda bisa berkonsultasi dengan agen properti setempat, membaca koran dan berselancar di situs online real estate untuk melihat rata-rata harga rumah di lingkungan sekitar anda.


Bukan ide yang baik jika anda memberikan harga yang ternyata menjadi paling murah di lingkungan sekitar, apalagi jika beberapa renovasi telah dilakukan. Tapi, jangan sampai harga yang anda tetapkan malah kelewat mahal, jauh lebih tinggi dari harga rata-rata pasaran.


Berpikirlah seperti pembeli, dengan demikian anda akan tahu kisaran harga yang tepat untuk rumah anda. Minta pendapat dari teman, saudara atau agen properti profesional.


(dru/dru)