Jokowi: Jangan Anggap Saya Tak Bisa Jadi Tukang

Jakarta - Banyak anggapan mengungkapkan untuk memulai usaha tidak perlu membutuhkan modal yang besar. Hal ini pun disepakati oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) yang merintis karir pengusahanya dari nol.

Di depan lebih dari 4.000 mahasiswa, dan kalangan umum yang hadir di Seminar Entrepreneurship di Gedung Smesco, Jokowi bercerita tentang karirnya sebagai pengusaha, dan menurutnya, saat itu dia tidak memiliki modal apa-apa.


"Banyak orang mengatakan, bahwa mau jadi wirausaha itu harus punya modal dulu, harus punya duit, menururt saya tidak. Yang paling penting mahasiswa siapa saja ingin mulai usaha mulai saja, jangan tunggu, jangan takut takut," kata Jokowi di acara Diskusi Entrepreneurship di Gedung Smesco, Jalan Gatot Subroto, Minggu (17/3/2013).


Awalnya Jokowi memiliki usaha sebagai pengusaha sukses di bidang furniture, hingga menjabat sebagai walikota Solo dan kini Gubernur DKI Jakarta. Saat itu Jokowi bekerja bersama 3 rekannya, namun dia mengaku dia mengerjakan semua pekerjaan di bidangnya itu.


"Saya mulai jadi tukang, jangan dipikir saya tidak bisa jadi tukang. Saya naikkin barang ke kontainer. Saya mulai saja, bismillah mulai sudah," tambahnya.


Hingga Jokowi berkembang memiliki sebuah usaha furniture dengna pekerja 4 orang. Dengan menjajakan barang produksinya, dari pintu ke pintu, Jokowi tak gentar untuk terus berjualan. Dia mengaku mengalami masa sulit hingga 6 tahun.


"Pada saat mula-mula, waktu 1-6 atau 7 tahun itu memang beratnya setengah mati. Yang lain teman-teman saya itu dengan modal, saya tidak," katanya.


"Tidak perlu modal, jangan tengok kanan kiri, mulai saja," pungkasnya.


(zul/dru)